Inilah 8 Tips Menghadapi Kegagalan Ujian


Ujian Nasional Sekolah Menengah Umum yang berlangsung di Jakarta memasuki hari ke tiga. Idealnya, sebelum mengikuti ujian, orang tua harus menyiapkan mental anak, terutama jika ternyata belakangan tidak lulus ujian. Psikolog dan dokter Sonia Wibisono menjelaskan, orang tua manapun tentu ingin anak mereka menuai sukses. Tetapi orang tua melupakan bahwa terkadang hidup ini ada naik dan turun, ada sukses dan ada juga kegagalan. "Pola asuh anak seharusnya membuat anak terbiasa mempersiapkan dua sisi yaitu sukses dan gagal," katanya ketika dihubungi Rabu 17 April 2013. “Dengan pola asuh macam itu, anak terbiasa mempersiapkan dan mengolah pengalaman kehidupannya menjadi sesuatu,” ujar Sonia. Berikut adalah sejumlah tips untuk orangtua yang anaknya menghadapi kegagalan ujian.

 1.Tanamkan perasaan selalu bahagia dan tetap tersenyum menghadapi kegagalan.

 2.Ingat kegagalan bukan berati fatal tapi bermakna sukses yang tertunda.

 3.Berjiwa besar bahwa menikmati kegagalan ujian meski sudah belajar, mempersiapkan diri dan berjuang keras itu indah dan menjadi pendewasaan dan evaluasi diri.

 4.Selalu berpikir positif dengan menanamkan bahwa gagal ujian bukan karena malas belajar tetapi ada faktor lain.

 5.Biasakan diri menerapkan sikap ketika menuai sukses bukan sesuatu yang istimewa dan gagalpun soal biasa.

 6.Lebih mempersiapkan diri untuk mengulang untuk menempuh ujian berikutnya.

 7.Tidak menyalahkan orang tua, keluarga, lingkungan, guru dan sekolah. 8.Melakukan penghiburan diri bisa rekreasi, menonton ke bioskop, makan, main game yang pokoknya kegiatan yang membuat hati bahagia bukan perasaan terpuruk.

 source : TEMPO

0 komentar:

Posting Komentar